1. Riset pemasaran dimaksudkan untuk memahami ... dengan lebih baik.
a. calon pelanggan.
b. usaha-usaha pesaing.
c. masalah pemasaran.
d. pemasaran barang/jasa.
e. penjualan.
2. Persyaratan riset/penelitian adalah....
a. sistimatis.
b. berencana.
c. mengikuti konsep ilmiah.
d. jawaban a dan c benar.
e. jawaban a, b dan c benar.
3. Langkah pertama dalam riset pemasaran yang efektif (berhasil) adalah ....
a. mengembangkan sumber informasi.
b. mengumpulkan informasi.
c. menganalisis informasi.
d. menyajikan penemuan.
e. menetapkan masalah dan tujuan riset.
4. Sistimatika yang menjadi syarat riset bertujuan untuk ....
a. efektifitas kegiatan.
b. efisiensi kegiatan.
c. survai awal.
d. merumuskan masalah.
e. melakukan studi kepustakaan.
5. Data primer diperoleh dengan cara....
a. mengeksplorasi perpustakaan.
b. membaca majalah.
c. mewawancarai sumber informasi.
d. membaca buku-buku.
e. mengumpulkan data pemerintah.
6. Informasi yang sudah tersedia/telah dikumpulkan dengan tujuan lain, dapat kita gunakan sebagai ...
a. data primer.
b. data sekunder.
c. data tersier.
d. data serba guna.
e. semua jawaban benar.
7. Pendekatan riset dapat berupa ....
a. observasi/pengamatan.
b. survai
c. eksperimen.
d. kelompok utama.
e. semua jawaban benar.
8. Perangkat riset dapat berupa ....
a. kuesioner/daftar pertanyaan.
b. peralatan mekanis.
c. survai.
d. jawaban a dan b benar.
e. jawaban a, b dan c benar.
9. Contoh sumber data sekunder yang berasal dari dalam perusahaan yaitu ....
a. laporan Rugi-Laba perusahaan.
b. Neraca. keuangan.
c. Data penjualan.
d. jawaban a dan b benar.
e. jawaban a, b dan c benar.
10. Ada beberapa macam metode pokok dalam menghimpun data primer, yaitu ….
a. observasi.
b. kelompok fokus.
c. survai.
d. eksperimen.
e. jawaban a, b, c dan d benar semua.
11. Salah satu cara untuk mencari data segar adalah dengan ….
a. observasi.
b. kelompok fokus.
c. survai.
d. eksperimen.
e. jawaban a, b, c dan d benar semua.
12. Kumpulan enam sampai sepuluh orang yang menggunakan waktu beberapa jam bersama seorang pewawancara ahli untuk membahas proyek, pelayanan, dll dikenal sebagai ….
a. observasi.
b. kelompok fokus.
c. survai
d. eksperimen.
e. jawaban a, b, c dan benar semua.
13. Merupakan tahap penggalian yang bermanfaat sebelum merancang survai berskala besar, terjadi pada ….
a. observasi.
b. kelompok fokus.
c. survai.
d. eksperimen.
e. jawaban a, b, c dan d benar
14. Melihat secara mendalam mengenai persepsi konsumen, sikap konsumen, dan kepuasannya, yang merupakan aspek penting dalam mendefinisikan masalah yang harus diteliti secara formal.
a. observasi.
b. kelompok fokus.
c. survai.
d. eksperimen.
e. jawaban a, b, c dan d benar semua.
15. Metode yang cocok untuk riset yang bersifat penyelidikan adalah ….
a. observasi.
b. kelompok fokus.
c. survai.
d. eksperimen.
e. jawaban a, b, c, dan d benar semua.
16. Jika kita ingin mengetahui apa yang dimakan dan diminum oleh para peserta diklat (siswa) SMK Negeri 1, kita dapat mengetahui jawabannya dari ....
a. pemilik kantin.
b. sampahnya.
c. peserta diklatnya sendiri.
d. jawaban a dan c benar.
e. jawaban a, b dan c benar.
17. Segmentasi pasar adalah usaha suatu organisasi yang secara imajiner mengelompokkan pasar targetnya yang semula bersifat ... ke pasar yang bersifat ....
a. aktif ke pasif.
b. pasif ke aktif.
c. aktif ke positif.
d. heterogen ke homogen.
e. homogen ke heterogen.
18. Segmentasi pasar SMK Negeri 1 Tanjungpandan ada warganya yang berjenis kelamin laki-laki dan warga yang berjenis kelamin perempuan. Segmentasi ini didasarkan pada variabel ....
a. Geografis.
b. Demografis.
c. Psikologis.
d. Sosiologis.
e. Jawaban a, b, c dan d benar.
19. Siapakah segmen pasar nasi kucing di tempat asalnya (Yogyakarta)?
a. Orang miskin.
b. Pelajar.
c. Mahasiswa.
d. Wisatawan petualang.
e. Jawaban a, b, c dan d benar.
20. Siapakah penonton yang paling banyak (dominan) dari film Naruto di televisi?
a. Anak-anak.
b. Remaja.
c. Orang dewasa,
d. Jawaban a dan b benar.
e. Semua jawaban benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar