Yuana Hegar
X BDP
Tugas Latihan Soal Marketing Kelas X BDP
1. Jelaskan
Pengertian Segmentasi Pasar, dan sebutkan tujuan dilakukannya segmentasi pasar oleh
perusahaan
=
Segmentasi pasar adalah strategi suatu perusahaan untuk mengenal minat dan
kebutuhan konsumen di suatu market yang kemudian menciptakan produk baru
(product diversification) yang sesuai dengan minat dan kebutuhan konsumen
tersebut.
Tujuan
utama market segmentation adalah untuk membuat proses pemasaran yang lebih
terarah sehingga sumber daya perusahaan dapat digunakan secara efektif dan
efisien.
2. Dalam melakukan segmentasi pasar
harus memenuhi kriteria sbb:
a.
Measurable b. subtantial c. Accesible d. Diferentiable
Jelaskan dengan singkat dan jelas
masing-masing kriteria tersebut
= a. Measurable (Terukur)
Segmen
pasar harus diukur berdasarkan nilai atau volume penjualan (yaitu jumlah
pelanggan dalam segmen ini). Riset pasar yang andal harus mampu
mengidentifikasi ukuran segmen pasar hingga tingkat akurasi yang masuk akal,
sehingga ahli strategi kemudian dapat memutuskan apakah, bagaimana, dan sejauh
mana mereka harus memfokuskan upaya mereka pada pemasaran ke segmen ini.
b.
Substantial (Substansial)
Sederhananya,
tidak akan ada gunanya membuang anggaran pemasaran dalam pasar yang tidak cukup
besar, atau memiliki daya beli negatif. Segmen pasar yang layak adalah dari
kelompok yang homogen dengan karakteristik yang jelas seperti kelompok usia,
latar belakang sosio-ekonomi dan persepsi merek. Hal yang “musiman” juga
penting di sini. Tidak ada ahli segmentasi pasar yang akan merekomendasikan
untuk fokus pada kelompok pelanggan yang tidak stabil yang kemungkinan akan
bubar, satu atau dua tahun.
c.
Accessible (Dapat diakses)
Ketika
melakukan riset terhadap segmen pasar, penting untuk mempertimbangkan bagaimana
audiens dapat mengakses informasi
tersebut. Lalu, Anda juga harus mengenal kekuatan dan kemampuan departemen
pemasaran perusahaan Anda. Mungkin ada
segmen yang efektif menanggapi iklan outdoor lebih baik seperti baliho atau
papan reklame. Namun ada pula segmen yang lebih suka menanggapi informasi
melalui kampanye media sosial, iklan
televisi, atau sejumlah pendekatan lainnya.
d.
Differentiable (Dapat dibedakan)
Segmen
pasar yang ideal di sisi internal harus homogen, (semua pelanggan di dalam
segmen memiliki preferensi dan karakteristik yang sama), namun secara eksternal
adalah heterogen. Perbedaan antara segmen pasar harus didefinisikan dengan
jelas sehingga kampanye produk dan alat
pemasaran dilaksanakan tidak tumpang tindih.
3. Diantara penetapan segmentasi pasar ada yang
berpedoman pada:
a.
Preferensi Pelanggan
b.
Sensitifitas harga
Jelaskan
dengan singkat dan jelas masing-masing segmentasi tersebut berikan contohnya.
=
a. Preferensi Pelanggan – Preferensi pelanggan seperti persepsi bahan makanan.
Misalnya, merek saus salad dengan semua bahan alami untuk pelanggan yang tidak
menyukai bahan yang terdengar seperti bahan kimia.
b.
Sensitivitas harga – Di luar penghasilan, orang memiliki kepekaan harga yang
berbeda dibandingkan dengan kategori produk. Misalnya, konsumen iphone yang
membeli smartphone tersebut dengan harga yang kebanyakan orang bilang cukup
mahal, namun tidak bagi para pecinta produk Apple yang tahu kelebihannya.
4. Jelaskan
maksud pengelompokan segmentasi pasar berdasarkan
a.
Demografis b. Geografis
=
a. Geografi
Pada
segmentasi ini, pasar dibagi ke dalam beberapa bagian geografi seperti negara,
wilayah, kota, dan desa. Daerah geografi yang dipandang potensial dan
menguntungkan akan menjadi target operasi perusahaan.
b.
Demografi
Pada
segmentasi ini pasar dibagi menjadi kelompok-kelompok dengan dasar pembagian
usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi, dan tingkat pendidikan.
5. Jelaskan
hubungan Segmentasi Pasar dengan Analis Pasar.
= Segmentasi
pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli
yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang
mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.
Analisis
pasar adalah suatu penganalisaan atau penyelenggaraan untuk mempelajari
berbagai masalah pasar. Analisis pasar menyangkut lokasi pasar,luasanya pasar,
sifat pasar dan karakteristik pasar.
Yuan cantik banget
BalasHapus